Kawah Kamojang


Kawah Kamojang


Kawah Kamojang terletak di wilayah Kabupaten Garut, sebelah timur-selatan Kota Bandung. Mengunjungi kawah ini akan menjumpai beberapa keunikan yang tak ditemui di kawasan wisata lainnya. Di lokasi Kawah Kamojang dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang dikelola oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Power, dimana di lokasi tersebut untuk pertama kalinya energi panas bumi dimanfaatkan sejak masa kolonial Belanda.
Menelurusi Kamojang
Kawah Kamojang ternyata tak berada sendiri. Selain kamojang ada beberapa kawah lainnya yang siap Anda singgahi, diantaranya yakni Kawah Manuk dan Kawah Kereta. Dua kawah yang memiliki nama unik dan tiada duanya. Nama Kawah Manuk disematkan karena di lokasi tersebut ada beberapa lubang yang mampu mengeluarkan bunyi seperti suara manuk (burung).

Sedangkan Kawah Kereta memiliki lubang yang bunyinya mirip suara keretap api—atau lebih tepatnya mirip suara jet. Kawah Kereta Api merupakan kawah yang paling menarik perhatian pengunjung karena uap gas yang keluar konon sama indahnya dengan Kawah Putih di Ciwidey. Gas panas yang menyembur tersebut bisa sampai menerbangkan botol air mineral yang diletakkan diatasnya.

Kemudian diatas Kawah Kereta terdapat Kawah Hujan yang bisa dijadikan sebagai tempat mandi sauna. Untuk mencapainya pengunjung perlu untuk mendaki beberapa puluh meter ke atas. Konon, dengan mandi di Kawah Hujan maka segala penyakit di tubuh seperti stroke, jantung, influenza, peyakit kulit, dan rhematik bisa disembuhkan. Lebih mantap lagi karena uap panas yang ada di Kawah Hujan ini bisa diatur temperaturnya sesuai dengan keinginan pengunjungnya.
Di bagian belakang kawah ini tampak sebuah gua. Konon, gua itulah pintu menuju kerajaan Demak dan di pintu tersebut berdiri seorang kerabat dari sunan wali dengan tasbih ditangan yang sedang berdoa dan didampingi oleh seekor naga. Apakah benar jika masuk gua ini akan sampai ke kerajaan Demak? Ternyata bukan fisik tapi sukma di alam gaib. Sedangkan untuk tokoh yang berdiri,  jika ingin melihatnya konon harus memiliki keahlian di bidang supranatural.
Lokasi
Berada di perbatasan Majalaya-Kabupaten Garut. Sekitar 25 km dari Kota Garut dan dari Bandung berjarak 35 km.
Selamat Berkunjung!

0 komentar:

Poskan Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogger news

Nemo Trapped In A Net