Situs Prasejarah Gunung Padang


Gunung Padang



Situs Gunungpadang merupakan peninggalan kebudayaan kuno masa Megalitikum di Jawa Barat. Luas kompleks bangunannya sekitar 900 meter persegi, dengan berada di ketinggian 885 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan areal situsnya sekitar 3 hektar sehingga karenanya membuat situs ini merupakan kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.
Keberadan situs kuno ini pertama kali dilaporkan sekitar tahun 1914 yang dimuat laporannya pada Buletin Dinas Kepurbakalaan. Fungsi dari situs ini diperkirakan sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat yang bermukim disana yang terjadi sekitar 2000 tahun SM. Hasil penelitian yang menujukkan adanya pelibatan musik dari beberapa batu megalit yang ada. Selain Gunungpadang, terdapat beberapa tapak lain di Cianjur yang merupakan peninggalan periode megalitikum.
Lokasi situs ini sangat curam dan lumayan sulit dijangkau. Meski demikian, di sekitar kompleks situs ini dikelilingi oleh pemandangan berbukit dan jejeran batu andesit yang besar. Lembah-lembah yang dalam juga ikut mengelilingi situs ini seolah-olah ikut andil dalam menjaga eksistensi situs dari jangkauan tangan manusia. Bahkan warga sekitar, menganggap bahwa tempat keberadaan situs ini begitu keramat karena dianggap merupakan istananya Raja Sunda, Prabu Siliwangi.
Bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan tradisi megalitik (mega berarti besar dan lithos artinya batu) seperti banyak dijumpai di beberapa daerah di Jawa Barat. Punden berundak Gunung Padang, dibangun dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia dalam arti, belum dikerjakan atau dibentuk oleh tangan manusia.
Lokasi
Situs Gunungpadang berada di prebatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat – Indonesia.
Selamat Berkunjung!

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger templates

Blogger news

Nemo Trapped In A Net